Tuesday, June 28, 2011

RESENSI BUKU MANUSIA, ILMU & AGAMA TENTANG AL-QUR’AN

Al-qur’an berasal dari kata Qara’a-Qur’anan yang berarti dibaca atau bacaan. Batas-batas yang dinamakan Al-qur’an yakni dengan beberapa kriteria sebagai berikut : Al-qur’an itu haruslah firman Allah SWT. Mestilah berbahasa/bertuliskan Arab. Hanyalah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat jibril. Haruslah diterima dari Nabi Muhammad SAW secara mutawatir. Haruslah tertulis/dihafal dalam mushaf/naskah Usmany. Haruslah bersifat terbuka kepada siapa saja yang berhasrat menandinginya serta tahan uji. Di mulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri surat al-Nas.
Nama-nama Al-qur’an : Al-Qur’an. Al-Kitab. Al-Furqan. Az-Zikr. Al-Huda. Al-Syifa.
Al-Qur’an mengandung pokok-pokok ajaran dalam Islam, seperti : Keyakinan/keimanan. Peraturan/hukum. Aturan tingkah laku. Petunjuk dasar tentang tanda-tanda alam. Kisah-kisah para Nabi dan umat terdahulu. Informasi tentang alam gaib.
Al-Qur’an diwahyukan secara berangsur-angsur dari tahun 610-632 M. Nabi Muhammad SAW, menerimanya melalui perantara Jibril, kemudian membacakan dan mendiktenya kepada sahabat beliau.
Bukti-bukti kebenaran Al-Qur’an : menantang siapapun yang meragukannya untuk menyusan semacam Al-Qur’an secara keseluruhan, 10 surat, 1 surat bahkan seperti/lebih sama dengan 1 surah.
Fungsi Al-Qur’an : sebagai petunjuk, sebagai sumber informasi, sebagai sumber disiplin ilmu, maupun sebagai obat.
Metodologi dalam memahami Al-Qur’an : 1) Tafsir : tafsir bil ma’tsur, tafsir bil ma’qul, tafsir ijdiwad, tafsir muqranin, tafsir tahlili, tafsir madhu’I, tafsir bil ilmi 2) Terjemah 3) Takwil.

Tanggapan saya :
Al-Qur’an merupakan salah satu mu’jizat terbesar Nabi Muhammad SAW yang akan selalu terjaga sepanjang masa. Baik secara bentuk maupun secara isi. Tak ada seorangpun yang dapat menyusun semacam Al-Qur’an.
Al-Qur’an merupakan pedoman bagi seluruh umat manusia, baik tentang tanda-tanda alam, aturan tingkah laku, peraturan, tentang alam gaib maupun dpat dijadikan pelajaran dari kisah-kisah para Nabi dan umat terdahulu.

No comments: